Senin, 31 Oktober 2011

Khutbah Idul Adha 1423H

Khutbah Idul Adha 1423H
Kesejatian Iman Bertauhid dengan Untaian Akhlaq Ilahiyah Labuhkan Jiwa Kehidupan di Dermaga Hunian Berkah Berkemakmuran



Keimanan tauhid murni akan membawa jiwa seseorang pada tingkat rela berqorban. mengutamakan kepentingan pihak lain dari pada kepentingan diri pribadi sekalipun diri sangat membutuhkan. Sebagaimana dicatat dengan tinta emas dalam tarikh perang Yarmuk. Setelah pasukan Muslim berhasil memukul mundur pasukan Roma, ditemukanlah 3 orang mujahid terluka parah, meregang nyawa dan sangat kehausan. Mereka adalah Al-Harits bin Hisyam, Ayyasy bin Abi Rabi'ah dan Ikrimah bin Abu Jahal. Al-Harits meminta air minum kepada yang tampak membawa kantung minum. Ketika air didekatkan ke mulutnya, ia melihat Ikrimah dalam keadaan seperti yang ia alami. "Berikan dulu kepada Ikrimah," kata Al-Harits. Ketika air didekatkan ke mulut Ikrimah, ia melihat Ayyasy menengok kepadanya. "Berikan dulu kepada Ayyasy!" ujar Ikrimah. Ketika air minum didekatkan ke mulut Ayyasy, dia telah wafat. Orang yang memberikan air minum segera kembali ke hadapan Harits dan Ikrimah, namun keduanya pun telah menghembuskan nafas terakhirnya sebagai syuhada. Demikian itu gambaran akhlaq terpuji dalam keadaan sakit dan membutuhkan masih juga mengutamakan pihak lain, cerminan jiwa berqorban yang tidak diragukan lagi. Al-Quran juga mengabadikan sikap orang-orang Anshar terhadap kaum Muhajirin yang cintanya kepada saudaranya melebihi cintanya kepada diri sendiri, Sebagaimana difirmankan:

Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (Q.S. 59: 9)

Kalau cermin itu kita kita terakan pada kehidupan masyarakat kita dalam berbangsa dan bernegara apa yang dapat kita katakan? Masih tumbuh suburkah karakter masyarakat yang gemar bergotong royong, santun, bersahaja, dan peduli kepada pihak lain itu? Ataukah semua telah tergerus oleh sikap pragmatis-materialistik yang masing-masing maunya mementingkan dan memperkaya diri sendiri sehingga memandang remeh terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Hubungan dengan sesama tidak lebih hanya untuk kepentingan sesaat dan memperalat. Bagaimana suatu bangsa dapat menghamparkan hunian anggun-berkemakmuran, jika masing-masing pribadi bangsa dan para pelaku jalannya kehidupan bangsa bersibuk diri memenuhi kepentingan pribadi karena rendahnya akhlaq yang mereka miliki. Jaya atau hancurnya suatu bangsa sangat ditentukan pada ada tidaknya akhlaq indah-terpuji, yang diawali pada masing-masing pribadi, dilazimkan dalam keluarga dan disebarkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan poros penggeraknya adalah para pemimpin, karena pemimpin mempunyai fungsi untuk mempengaruhi dan mengarahkan yang dipimpin.

Bagaimana pendahuluan dan uraian lengkap khutbah Idul Adha 1423H Ustadz Lutfi Fauzan berjudul "Kesejatian Iman Bertauhid dengan Untaian Akhlaq Ilahiyah Labuhkan Jiwa Kehidupan di Dermaga Hunian Berkah Berkemakmuran" itu?

Silakan unduh versi lengkapnya di tautan ini, atau di kolom samping kanan atas.

3 komentar:

  1. Ketika membaca atau mendengar nasehat yang baik seperti artikel diatas, hati membenarkan perilaku para sahabat Nabi tersebut. Tapi di waktu yang lain mungkin akan mengatakan perbuatan tersebut adalah perbuatan bodoh. Apa yang menyebabkan jiwa seseorang menjadi sangat labil? Apa solusinya?

    Mokund Helana (mokundhelana@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Penyebab labik: nafsu yang masih kuat terikat pada dunyaa, sehingga bersifat egois/ananiyah. Solusinya riyadhah/latihan yang juga kuat, agar nafsu secara bertahap tak terikat dunyaa, dengan cara tidak mensegerakan apa-apa yang disenangi nafsu, diiringi melatih-paksa diri-sendiri untuk berbuat baik menurut ukuran Al Qur'an + Hadits. Demikian, sampai akhirnya nafsu berhijrah ke perilaku yang terpuji, yaitu penuh kepedulian kasih-sayang pada ciptaan Allah sesuai ridha-Nya dan rela/senang berqorban demi meraih tujuan dalam ketetapan-Nya. Ketetapan pada sikap kasih-sayang dan rela tersebut terbentuk di hati.

    BalasHapus
  3. Jazakumullah Khairan katsiraa.
    Terima kasih Pak Taufik atas nasehatnya, semoga bisa melaksanakannya dan istiqomah.

    Mokund Helana (mokundhelana@gmail.com)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan akun valid e-mail Anda.